KOP gallery

Kontroversi pada magnet Neodymium

Pada tahun 2009, sejumlah perusahaan AS memutuskan untuk mengemas ulang magnet bola dan menjualnya sebagai mainan. Meskipun peraturan mainan yang ada pada saat itu, Maxfield & Oberton, pembuat Buckyballs, mengatakan kepada New York Times bahwa mereka melihat produk di YouTube dan mengemasnya kembali sebagai Buckyballs.

Buckyballs diluncurkan di New York International Gift Fair pada tahun 2009 dan dijual dalam ratusan ribu sebelum Komisi Keamanan Produk Konsumen AS mengeluarkan penarikan pada kemasan berlabel 13+. Menurut CPSC, 175.000 unit telah dijual kepada publik. Kurang dari 50 dikembalikan.  Buckyballs berlabel “Keep Away From All Children” tidak ditarik.

Selanjutnya, Maxfield & Oberton mengubah semua menyebutkan “mainan” menjadi “mainan meja”, memposisikan produk sebagai penghilang stres untuk orang dewasa dan membatasi penjualan dari toko yang menjual terutama produk anak-anak.

Investigasi lebih lanjut oleh CPSC yang diterbitkan pada 2012 menemukan tren peningkatan insiden konsumsi magnet pada anak-anak dan remaja sejak 2009. Insiden yang melibatkan anak-anak dan remaja yang tidak disengaja dan hasil dari penggunaan magnet untuk meniru tindikan tubuh seperti kancing lidah. Komisi mengutip komplikasi tersembunyi jika lebih dari satu magnet menempel di jaringan di dalam tubuh.

Penarikan kembali dikeluarkan untuk Buckyballs pada 2012 bersama dengan produk serupa yang dipasarkan sebagai mainan di AS. Penarikan dan pengaduan administrasi diajukan terhadap perusahaan AS serupa lainnya. Maxfield & Oberton menolak penarikan itu dan terus menjual mainan desktop mereka. Perusahaan meluncurkan kampanye politik melawan CPSC, dan Craig Zucker, salah satu pendiri perusahaan, memperdebatkan komisi keselamatan di FOX News.  Pada 27 Desember 2012, Maxfield & Oberton mengajukan Sertifikat Pembatalan kepada Sekretaris Negara Bagian Delaware, menyatakan bahwa perusahaan tersebut tidak ada lagi.

2. Standar baru magnet neodymium

Dengan tidak adanya standar yang ada untuk produk magnetik di luar mainan, CPSC mengeluarkan proposal pembuatan peraturan baru pada tahun 2012 yang dimaksudkan untuk melarang semua set magnet berkekuatan tinggi longgar untuk dijual di seluruh Amerika Serikat, terlepas dari aplikasi mereka. CPSC terus mendorong maju dengan topik tersebut meskipun ada oposisi konsumen yang kuat,  aktif melobi asosiasi medis, asosiasi konsumen, pers dan lembaga kesehatan di luar AS untuk dukungan.

Pada 22 November 2016, Pengadilan Banding Amerika Serikat untuk Sirkuit Kesepuluh mengosongkan aturan CPSC 2012 yang mendukung Zen Magnets LLC, menjadikan penjualan magnet neodymium kecil sekali lagi legal di Amerika Serikat. [9] Pada saat ini tidak jelas apakah CPSC akan mendorong diundangkannya aturan baru untuk mengatasi kekurangan dalam proses pembuatan peraturan 2012.

Pada 6 Oktober 2017, CPSC memposting petisi baru untuk pembuatan peraturan keselamatan magnet  yang diajukan oleh Zen Magnets LLC dari Colorado. Aturan keselamatan magnet yang baru meminta agar CPSC mengumumkan standar keamanan wajib yang meliputi:

Standar kinerja: Memerlukan masing-masing magnet dan setiap magnet dalam satu set magnet yang sepenuhnya sesuai dengan silinder yang dijelaskan dalam 16 CFR 1501.4 (silinder bagian kecil) untuk memiliki indeks fluks 50 kG ^ 2 mm ^ 2 atau kurang jika produk dirancang, dipasarkan, atau diproduksi untuk anak-anak di bawah usia 14 tahun. Menetapkan standar untuk pengemasan set magnet, seperti mengharuskan pengemasan agar sulit dibuka oleh anak-anak dan membantu pengguna dalam menentukan apakah semua magnet dikembalikan ke paket setelah digunakan. Menurut pemohon, persyaratan ini akan membatasi kekuatan magnet magnet sehingga tidak akan menempel di jaringan internal jika tertelan dan akan membantu pengguna membatasi akses anak-anak ke magnet.

Persyaratan peringatan: Mengharuskan set magnet untuk memberikan peringatan yang sesuai dengan persyaratan formulir tertentu, memperingatkan bahaya tertelan, dan menunjukkan produk tidak ditujukan untuk anak-anak. Membutuhkan peringatan pada kemasan produk, termasuk di lokasi yang mengharuskan pengguna untuk melihat peringatan saat membuka paket.

Persyaratan instruksional: Memerlukan set magnet untuk memasukkan instruksi yang menunjukkan bagaimana cara menghindari menggunakan set magnet dengan cara yang dapat menyebabkan menelan, menyedot, atau memasukkan magnet ke dalam tubuh dan bagaimana mengembalikan magnet ke kemasan.

Batasan umur: Memerlukan peringatan dan instruksi untuk set magnet agar menyertakan rekomendasi umur 14 tahun atau lebih.

CPSC tidak dapat menyetujui aturan baru, dan beberapa produsen mulai menjual produk tanpa peringatan terhadap penggunaan oleh anak-anak. Pada 2019, pabrikan sedang mengerjakan standar sukarela serupa di ASTM.

Pada Juni 2012, karena surat dari Senator AS Kirsten Gillibrand kepada Ketua Komisi Keamanan Produk Konsumen AS Inez Tenenbaum,  Komisi Keamanan Produk Konsumen Amerika Serikat mengajukan keluhan administratif, berusaha untuk melarang penjualan Buckyballs  dan Zen Magnet. Zen Magnets LLC adalah perusahaan pertama yang pernah menerima keluhan semacam ini tanpa catatan cedera. Pada November 2012, Buckyballs mengumumkan bahwa mereka telah menghentikan produksi karena gugatan CPSC.

Pada bulan Maret 2016, magnet Zen (produsen neodymium magnet spheres) menang dalam sidang pengadilan besar 2014 tentang bahaya yang ditimbulkan oleh label peringatan “cacat” pada magnet bola mereka. Diputuskan oleh pengadilan DC  bahwa “Penggunaan Zen Magnet dan Neoball yang benar tidak menimbulkan bahaya apa pun.”

Pada Januari 2017, banyak merek bola magnet termasuk Zen Magnet telah melanjutkan penjualan bola magnet neodymium kecil setelah banding yang berhasil oleh Zen Magnet di Sirkuit Kesepuluh Pengadilan Banding AS yang mengosongkan peraturan CPSC 2012 yang melarang produk ini dan dengan demikian memberikan penjualan magnet neodymium kecil sekali lagi legal di Amerika Serikat.  Itu adalah kerugian pertama CPSC dalam lebih dari 30 tahun